Inilah rahasia orang tua kita untuk mendidik anaknya

by - 00.59

“Gue di suruh-suruh melulu kalau di rumah!”

Semua anak muda pasti pernah curhat seperti itu ke temannya, termaksud gue. Jujur aja, gue kalau di rumah pasti di suruh-suruh. Di suruh nyapu, lah. Di suruh ngepel, lah. Di suruh nyariin remote tv, lah. Kadang, kalau gue di suruh-suruh kayak gitu. gue selalu ngedongkol dalam hati. Gak terima di suruh-suruh melulu atau males ngejalaninnya. Apalagi pas ngerjain tugas lagi deadline-deadline-nya. Terus di suruh belanja ke Indomaret. Kayak orang lagi nge-rap. Tapi sambil makan pisang goreng panas. Ngoceh-ngoceh gak karuan.

Gara-gara sering disuruh-suruh, gue selalu bilang dalam hati, “emangnya gue pembantu. Gue kan anak lo!”. Walaupun gue suka menggurutu dalam hati. Tapi,  gue selalu ngerjain apa yang orang tua gue suruh. Yah, walaupun agak sedikit males dan gak iklas juga ngerjainnya. Dan kadang, orang tua gue, terutama Bokap. Dia yang paling aktif dalam nyuruh gue. Semisal ngerokin dia. Gue kadang kesel sama Bokap gue. Bokap gue ini udah tua, tapi kerjaannya begadang melulu. Gimana gak masuk angin coba. Pernah gue di suruh ngerokin bokap. Pas gue lagi mau tidur. Serius. Jadi kan, gue baru pulang sehabis open mic (open mic adalah tempat comic melatih materi stand-up di sebuah café) jam 1 pagi. Baru masuk kamar, terus mau mejemin mata. Eh, gak lama kemudian, bokap gue nyuruh gue.

            “wan, tolongin bapak bentar. Tolong kerikin bapak.” Gue denger itu langsung ngegerutu, “ya ampun, pak. Ini kan udah malem banget. Wandi capek mau istirahat” dan kemudian, gue keluar kamar. Terus bilang ke bokap gue,

            “kerikin apanya, pak??” sambil menunjukkan muka kusut ke bokap.

            “tolong kerikin paha bapak bentar.” Terus gue ngedumel, “ yelah pak! Bapak kan punya tangan. Tangan ke paha kan masih nyampe kali. Bisa ngerikin sendiri. Kecuali bapak nyuruh ngerikik punggungnya. Itu baru nyuruh wandi!” yah dan akhirnya, terpaksa gue kerikin sambil memasang muka ngantuk.

Gara-gara gue sering disuruh-suruh melulu di rumah. Gue jadi tau akan satu hal. Secara tidak langsung. Bokap gue ini mengajarkan gue bertanggung jawab. Semisal kalau ada lantai kotor. Gue harus bertanggung jawab untuk membersihkannya. Karena kalau kita ngandelin orang tua kita terus. Nanti orang tua kita capek. Udah capek nyari duit. Capek di rumah juga buat bersihin rumah. Jadi tanggung jawabnya dua kali lipat bahkan lebih.


Coba bayangin, orang tua sakit. Rumah kotor dan kita males bersihinnya. Pasti rumah kita bakalan jadi angker. Dekil. Kayak kandang babi (walaupun gue gak tau kandang babi itu kayak gimana). Jadi buat temen-temen yang suka ngedongkol kayak gue. Mari kita stop berfikir negatif kepada orang tua kita yang sering-sering nyuruh kita. Padahal, orang tua kita mengajarkan kita. Untuk lebih bertanggung jawab. Karena apa?? Karena kita bakalan jadi orang tua juga nantinya.

You May Also Like

4 komentar

  1. nah makanay jangan kesel ay kalau mak2 suka cerewetin anaknya, itu satu hal juga untuk anak bertanggung jawab, the power emak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe saya baru tahu, bu, soalnya. :D hidup emak-emak

      Hapus
  2. Iya, biasanya maksud orang tua sebetulnya baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan biasanya, anak gak tau maksud dari orangtuanya juga :(

      Hapus