Keresahan Mahasiswa Tingkat Akhir

by - 17.41





Gue Riwandi. Dan, gue saat ini kuliah memasuki semester 8. Selama gue kuliah, hal-hal yang gue takuti saat ini adalah skripsi. Dan alhamdulillah, semester 8 gue belum skripsi. Soalnya, masih banyak matakuliah yang belum diambil. Sekisar 15 SKS lagi. Kalau ada yang nanya, ‘Kenapa kok masih banyak matakuliahnya? Kamu bego ya?’ Bukan. Gue nggak bego. Alasan gue masih banyak sisa matakuliah adalah untuk menghindari SKRIPSHIT ini. Soalnya, skripsi gue nanti ini disuruh buat alat. Kenapa skripsi gue membuat alat? Karena gue mengambil jurusan Sistem Komputer. Kalau skripsi gue membuat Hotel bintang 5. Itu namanya kurang kerjaan. Lagian gue juga gak punya duit buat ngebangun hotel. Kecuali hotel di monopoli. Alasan gue ngambil jurusan Sistem Komputer ini adalah… karena gak ada pilihan lain. Jujur, niat awal gue itu mau ngambil jurusan Sastra Indonesia di UNJ. Tapi, gue gak masuk. Soalnya, gue gak ikut SBMPTN-nya. Gue cuman bayar pendaftarannya doang. Ikut mah nggak. Gokil kan? sebenarnya gue mau ikut tes-nya. Cuman masalahnya, jadwalnya bentrok banget. Jadi waktu itu gue lagi tes wawancara di Poltek GT (Gajah Tengkurep). Jadi gak bisa deh buat ikutan tes SBMPTN. Dan akhirnya, gue masuk Perguruan Tinggi di daerah Tangerang. Dan ngambil jurusan Sistem Komputer ini. Dan akhirnya, setelah semester 5 gue berfikir dan yakin banget. Karena gue ini, SALAH JURUSAN. Kalau salah jalan mah gampang tinggal muter balik. Lah, ini, gue salah jurusan kuliah. Mau ganti, udah semester 5. Mau berhenti, gak dianggap anak di rumah. Akhirnya gue memutuskan untuk.. jadi kucing.

Sungguh menyesal sebenernya. Soalnya, kalau gue lulus jadi S.Kom, malah jadi beban buat gue. Bebannya adalah, gue gak bisa ngoding. Gue gak punya skill pemrograman. Yang gue punya adalah… gak ada. Soalnya, gue dari dulu emang gak suka pemrograman. Pusing liat codingan. Rasanya mata gue pengen copot ngeliat codingan sebanyak itu. Jadi, gue pengin kasih info aja buat adik-adik lugu ku yang masih SMA atau SMK. Kalau pengin kuliah, pikir-pikir dulu minatnya di jurusan yang mana. Jangan sampai salah jurusan kayak gue ini. Kalau kalian penasaran rasanya kuliah di jurusan yang salah. Silahkan. Hahahaha.

Jangan lupa belajar yang rajin biar bisa masuk ke jurusan kuliah yang kalian inginkan. Belajar yang giat. Beli buku simulasi SBMPTN. Ikut les. Jangan ikut les cuman pengin deketin gebetan. Kalau mau pacaran mah pas kerja aja. Enak. Masa muda kalian habiskan dengan mencari ilmu yang lebih penting. Soalnya, dunia pekerjaan ini yang dibutuhkan orang-orang yang punya skill. Bukan orang-orang yang mengandalkan kepintarannya. Jadi buat adik-adik ku yang lugu. BELAJAR YANG SEMANGAT, YA! JANGAN MAIN MOBILE LEGEND SAMA PACARAN TERUS KERJAANNYA!

You May Also Like

1 komentar

  1. wah sayang banget ya pas semester 5 baru sadar salah jurusan. tapi semoga nanti skripsinya lancar aja. habis ini mungkin bisa mulai menjajali bidang yang memang disuka

    BalasHapus