Panduan Memilih Qurban Yang Benar

by - 23.17

Pada tahun 2014 ini, idul adha akan tiba di bulan scorpio. Sebelum idul adha tiba. Sebaiknya kita harus memilih qurban yang sehat badannya, yang baik ahlaknya, dan yang punya etika yang sangat tinggi. Ini kambing apaan sih sebenernya??!! Tanpa basa basi adanya cuman bubur basi ini adalah Tips memilih kambing yang baik sebagai qurban:

1. Kambing harus sehat jasmani dan rohani. Jika salah satu kambing yang kita beli tidak sehat jasmaninya dan rohaninya nanti. Kemungkinan disaat hendak kita gorokan ke leher kambingnya dengan golok, dia malah kabur akibat stress dan memiliki tekanan batin karena melihat teman – temannya di gorok secara tidak berprikambingan. Selain itu kita harus membeli yang  berpenampilan menarik. Misalnya kita membeli kambing disebuah distro – distro kambing yang beredar hanya ketika lebaran idul adha saja. Menarik disini, kambing itu kambing gaul. Bisa nge-rapp (nge-rappotin orang juga bisa).  Tidak berkacamata seperti afgan. Nanti takutnya afgan kesaing sama kambing ini (gak ngaruh) dan tidak pakai kursi roda. Kalau kambing yang kita beli memakai kursi roda. Kemungkinan nanti kambing tersebut susah dipotong. Karena kabur dengan kursi rodanya.

2. Tidak boleh mengurbankan kambing yang sedang sakit. Misalnya; kambing yang baru putus atau habis nembak tapi ditolak, apalagi mengorbankan kambing galau. Sebagai manusia yang baik hati dengan sesama mahluk ciptaan tuhan. Kita tidak boleh menggorok kambing tersebut. Kita boleh menggoroknya ketika dia menemukan cintanya yang hakiki dan setia abadi (cak elah ini kambing ribet banget). Jadi sebelum membeli kambing. Maka, tanya dahulu ke kambing tersebut “Kambing Lagi Galau Enggak??!!”

3. Agar aman, cari kambing yang bersertifikat. Dianjurkan yang Sertifikat Hak Milik dan HALAL, bukan Sertifikat Hak Guna Bangunan. Maksudnya disini adalah kita harus mempunyai Sertifikat Hak Milik kambing. Ternyata, ada kasus kejadian yang baru – baru ini menghebohkan. Ketika seorang membeli kambing tersebut (tidak memiliki sertifikat) ketika hendak di gorok leher kambing tersebut oleh golok yang tajam. Tiba – tiba kambing tersebut berubah menjadi babi. (gue juga enggak tau apa hubungannya gak bersetifikat sama berubah jadi babi).

4. Hindari kambing yang Anthrax, kalo sekedar demen Metalica bolehlah lalu jangan pilih kambing yang bernama ayu ting - ting karena sudah dipastikan itu kambing palsu. Tapi lebih baik memilih kambing yang suka musik jazz. Soalnya pas digorok lehernya dia gak berisik banget. Paling setelah dipegang badanya untuk siap digorok. Dia bakal berimprovisasi sangat merdu.

5. Belilah kambing di penjual kambing, sebab penjual bubur ayam suka marah kalo ditanya, "Mas jual kambing, nggak?". Yak jelas lah dia malah marah, bego!! Mana ada yang jualan Bubur Kambing. Yah misalkan kalau ada juga. Ngambil kambingnya gimana??!! Maka dari itu untuk para calon pembeli kambing dimana pun anda bau kambing. Jika kalian hendak membeli kambing jangan pernah bertanya kepada orang yang salah dan, jangan pernah malu untuk bertanya. Karena ada pepatah mengatakan “Malu Bertanya, Sesat di Kambing” (gak nyambung).

6. Salah satu ciri kambing layak qurban, hidungnya tidak ingusan jika iya, berarti itu bukan kambing dewasa. Kebanyakan orang tiap kali mereka membeli kambing selalu saja ingusan kaya temennya si sinchan itu. Maka dari itu, sebelum membeli kambing cek lah hidungnya kalau bisa korek – korek pake linggis.

7. Hati - hati jika anda tidak memilih kambing. Jika anda memilih domba misalnya, perhatikan baik - baik domba anda karena hanya shaun the sheep yang tidak boleh diqurbankan. Kasihan anak - anak kalo acaranya bubar.

8. Apapun hewan qurban anda, Qurban terbaik harus punya IPK 3,00 dari universitas ternama, jujur, suka tantangan dan bersedia bekerja di bawah deadline.

9. Jangan pilih kambing yang twenty nine my age ya karena ketuaan, Berqurbanlah dengan niat semata – mata karena Allah, bukan statusisasi kemakmuran apalagi kontroversi hati, yah pokoknya nanti kita komunikasikan lagi ya.

Yang terakhir dan paling utama tentu harus bisa bunyi MBEEEEKKKKK...itu baru kambing tulen. Kalau bunyi suaranya MBEEEKK!!! MBEKK!!! Itu adalah suara kambing metal dan jangan lah kalian beli jika bunyi suaranya seperti itu. Mungkin itu saja yang gue bisa beberkan tips untuk kalian para calon pembeli kambing.


Udah beycek, gak ada oyjek, bau kambing.



Riwandi.


You May Also Like

0 komentar